2 Oktober 2013

APA ARTINYA MENJADI MURID KRISTUS?

Kristus adalah Guru yang sejati. Ia tidak sekedar menjadi 'pengajar' bagi para murid-Nya tapi sekaligus 'pelaksana', pemberi contoh dan teladan hidup. Begitulah yang Ia lakukan terhadap para murid-Nya. Ia memanggil para murid-Nya supaya mengikuti-Nya, mendengar segala pengajaran-Nya dan mewartakan-Nya ke mana-mana. Murid yang sejati ialah dia yang senantiasa mengikuti gurunya, berjalan di belakang gurunya, mendengarkan gurunya dan siap untuk diutus ke mana saja.

Dengan ini, Kristus telah menunjukkan bahwa Dialah sumber hidup yang sejati. Ia mengundang semua orang, termasuk para murid-Nya, untuk mengambil bagian dalam diri-Nya. Kalau begitu, Ia menyatukan segala bangsa, golongan dan siapa saja ke dalam diri-Nya supaya beroleh keselamatan di dalam Dia pula. Sebagai sumber dan puncak, Kristus mengajak semua orang untuk merasakan kebaikan kasih-Nya dengan pertama-tama memanggil dan menjadikannya sebagai murid-murid-Nya.

Untuk itulah setiap orang yang mendengar panggilan-Nya dan percaya kepada-Nya mengambil bagian di dalam-Nya adalah murid-murid-Nya. Murid Kristus itu siap untuk mengikuti sang Guru Abadi, mendengar kata-kata-Nya, dan lalu siap pula untuk diutus oleh sang Guru. Jadi, murid Kristus adalah mereka yang berjalan bersama-Nya, menimba rahmat cinta kasih dari-Nya dan membagikan rahmat cinta kasih itu kepada orang lain yang belum 'sempat' berjalan bersama sang Guru, Kristus.


Menjadi murid Kristus tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kerelaan, kesetiaan, pemberian diri dan pengabdian yang tidak setengah-setengah. Murid Kristus selalu mendengarkan panggilan sang Guru Abadi, mengikuti-Nya, dan mewartakan-Nya. Baiklah setiap orang yang menjadi murid Kristus memiliki kerinduan dan kecintaan yang mendalam terhadap sang Guru Abadi supaya dapat bertahan dalam setiap cobaan. Kristus mengutus murid-murid-Nya seperti seekor domba ke tengah-tengah serigala. Maka, bersiaplah bersama Kristus dan jangan mudah untuk jatuh dalam setiap pencobaan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar