5 Juli 2013

'SESAMAKU ADALAH KAMU'



'Tuntutan' dalam kebersamaan adalah tahu membedakan dan menampilkan sikap baik, benar dan berpikiran positif terhadap yang lain. Orang lain adalah sesama, bukan musuh, bukan pula bawahan. Itulah sebabnya sikap dan tindakan dan kata-kata perlu dijaga agar tidak menyinggung atau pun bernada sindiran terharap sesama.

Di samping itu, dalam kebersamaan tidak boleh pernah ada pengkhianatan dan sikap menjatuhkan sesama. Awalnya ada pujian dan pengaguman tapi akhirnya, karena emosi dan kemarahan sesaat, semuanya pujian dan pengaguman itu lenyap. Bundaku bilang, "kalau kamu sedang emosi, jangan pernah berbicara." Trims bunda.

Dan memang benar bahwa kita tidak diminta untuk menjadi seperti "seorang anak" kecil yang tak tahu apa-apa. Anak kecil bisa mengekspresikan apa saja kalau ia sedang marah atau tidak suka terhadap seseorang. Kalau kamu sedang marah, jangan seperti itu, diam saja dan simpanlah semua perkara di dalam hatimu. Tunggulah sampai hati dan keadaan tenang, barulah kamu berbicara dengan baik, dengan pikiran jernih, sehingga persoalan dengan sesama dapat terselesaikan.

Hargailah sesamamu; jangan karena kemarahan sesaat, segalanya menjadi buyar. Kamu berharga bagi yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar