5 Juli 2013

KEBEBASANKU DALAM KEBERSAMAAN




Kita punya kebebasan untuk berkata dan bertindak. Kita punya kebebasan untuk berekspresi sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tapi kebebasan itu perlu disesuaikan dengan keberadaan kita di antara yang lain. Sebab bukan kita sendiri yang hidup tetapi orang lain juga.

Lingkungan kita adalah lingkungan kebersamaan, bukan lingkungan kesendirian. Lagi pula, manusia itu makhluk sosial. Dalam hidup sosial, kebebasan yang ada pada diri kita tidak direduksi tapi diseimbangi dengan situasi di mana kita berada. Di sini, kebebasan kita diarahkan sesuai dengan nilai-nilai kebersamaan.

Kebebasan kita sama sekali tidak bertentangan dengan nilai-nilai kebersamaan, melainkan mempertegas kehadiran kita sebagai makhluk sosial. Ia mendorong kita untuk bebas mengasihi sesama. Kebebasan itu menjadikan kita sebagai pribadi yang tahu menempatkan orang lain sebagai sesama.

"Saya bebas untuk mengasihi, tetapi saya tidak bebas untuk menyengsarakan yang lain." Sebab menyengsarakan yang lain bertentangan dengan nilai-nilai kebersamaan. Mengasihi? Jelas membuat orang lain dapat berkembang dan mempererat tali persaudaraan dan kerukunan serta toleransi.

Mari kita tunjukkan kebenaran dalam kebersamaan dengan bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar