18 Mei 2013

ROH KUDUS, SUMBER HIDUP GEREJA



Tuhan Yesus naik ke surga dengan satu janji, yaitu Ia akan mengutus Roh Kudus kepada para rasul yang Ia “tinggalkan.” Janji Tuhan Yesus itu hari ini, kini dan di sini juga ditepati. Roh Kudus turun atas para rasul dalam rupa lidah-lidah api. Seketika itu juga para rasul dapat berbicara dalam berbagai macam bahasa. Roh Kudus memampukan mereka untuk menjadi saksi dan mewartakan Kristus ke mana-mana.

Dengan turunnya Roh Kudus ini, janji Kristus ketika naik ke surga pun terpenuhi. Ia berjanji bahwa sampai akhir zaman, Ia tetap menyertai umatNya, GerejaNya yang dikuduskan oleh Roh itu. Ia menyertai Gereja sampai dunia ini musnah. Itulah tanda kesetiaanNya kepada Gereja. Roh Kudus hadir sebagai bentuk nyata dari Kristus yang pergi ke surga. Roh Kudus hadir sebagai sumber penghiburan sejati.

Para sahabatku yang terkasih. Pekerjaan Roh Kudus itu adalah menolong, menghibur, menyemangati, menguatkan, meneguhkan, menyertai, dan mengarahkan kita kepada kepada Allah. Pekerjaan Roh Kudus itu adalah pekerjaan Kristus sendiri yang telah Ia tunjukkan kepada semua orang saat Ia datang dan tinggal di dunia ini. Roh Kudus itu adalah Allah yang datang dan tinggal di dalam hati kita semua.

Setiap pekerjaan pasti memiliki hasil atau buahnya. Dan ketahuilah, buah yang datang dari Roh Kudus ialah sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri. Semua ini menjadi bagian penting dalam memperjuangkan posisi kita sebagai anak-anak Allah di tengah-tengah dunia ini. Karena itu, bukalah hatimu dan terimalah Roh Kudus itu.

Kalau demikian, dengan Roh Kudus, kita memperoleh hidup yang baru, yang berkenan di hadapan Allah. Roh Kuduslah yang membaharui dunia dan segala isinya. Roh Kudus pulalah yang membimbing Gereja sampai akhir zaman. Ia menguduskan kita, Gereja, masyarakat, bangsa dan tanah air kita. Kalau begitu, tidak ada kesempatan bagi kita untuk menutup diri terhadap Roh Kudus yang dicurahkan bagi kita.

Mari kita mengusahakan hidup yang benar di hadapan Allah di bawah bimbingan Roh Kudus yang telah Kristus curahkan kepada kita. Kehadiran Roh Kudus dalam diri kita adalah anugerah terbesar yang diberikan Allah kepada kita. Allah menghendaki agar kita kudus di hadapanNya. Dan, kekudusan itu nampak dalam cinta kita kepada Allah dan sesama. Allah menyertai kita semua. Amin_ (engga.red)

SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA PENTAKOSTA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar