27 Oktober 2013

MUDA-MUDI... PENDIDIKAN ITU CARA 'MEMERDEKAKAN' LAGI INDONESIA



Pertanyaan itu mengacu pada cara kaum muda mencintai Indonesia, negara yang merdeka karena peran besar kaum muda-mudi di tahun 1928. Mereka datang dari berbagai daerah, suku dan golongan yang berbeda-beda lalu berkumpul dan berunding, menyampaikan aspirasi masing-masing serta mengusahakan kemerdekaan Indonesia. Mereka menjadi simbol terpadunya Indonesia sebagai sebuah negara; semangat mereka menghempaskan musuh, menghapus sekat-sekat pemisah dan menjadikan mereka bebas, bebas untuk merdeka di kemudian hari.

Untuk itulah mereka perlu bersumpah bahwa "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia" menjadi asas, dasar dan tujuan hidup. Sungguh, mereka adalah pemuda dan pemudi yang kreatif, berbudi luhur, berakhlak mulia, serta berjiwa berani. Itulah "cara" mereka mencintai Indonesia, bangsa mereka. Mereka mencintai bangsa ini dengan jiwa nasionalisme yang kuat. Ya, mereka telah mencintai Indonesia dengan cara mereka sendiri tanpa memandang perbedaan sambil bersumpah untuk menjadi satu dan sama di bawah "payung" Indonesia.

Nampaknya dunia berubah sangat cepat, termasuk waktu yang ada di dalamnya. Pengalaman para pemuda dan pemudi itu telah lama pergi dan kini yang tertinggal hanyalah kenangan manis. Meski begitu, dunia dengan waktunya yang berubah itu tetap saja memiliki pemuda dan pemudinya di bumi Indonesia ini. Tapi apakah pemuda dan pemudi itu memiliki semangat yang sama seperti mereka yang dahulu, yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia? Apakah hari ini dan besok masih ada semangat untuk memerdekakan bangsa Indonesia dalam diri pemuda dan pemudinya?

Hai kaula muda, tidak mungkin negara ini 'merdeka' lagi oleh kamu kalau setiap hari "kuliah bolos." Tidak mungkin negara ini 'merdeka' lagi oleh kamu kalau tugas kuliah "malas dikerjakan." Tidak mungkin negara ini 'merdeka' lagi oleh kamu kalau buat skripsinya "bayar dosen" pembimbing. Tidak mungkin negara ini 'merdeka' lagi oleh kamu kalau kerjanya hanya "tawuran" antar kampus. Dan, SANGAT TIDAK MUNGKIN negara ini 'merdeka' lagi oleh kamu kalau KAMU TIDAK BERSEKOLAH DENGAN BAIK!!! Sebetulnya, yang baik dari semua itu adalah caramu mencintai Indonesia dan memperjuangkan kemerdekaannya.

Selamat berefleksi, kawan.
Selamat Hari Sumpah Pemuda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar