23 Juni 2013

APA “KATAMU” TENTANG YESUS?


Hari ini Tuhan Yesus bertanya kepada kita, "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Petrus punya jawaban sendiri atas pertanyaan Yesus itu. Ia menjawab: "Mesias dari Allah." Lantas, bagaimana dengan jawab kita? Sudah pasti bahwa jawaban Petrus itu didasarkan pada pengenalan dan pengalamannya akan Yesus sendiri. Kedekatannya dengan Yesus menjadi “modal” penting baginya untuk menjawab bahwa Yesus adalah Mesias yang datang dari Allah sendiri. Intimitasnya dengan Yesus membuatnya berkesimpulan bahwa Yesus adalah Tuhan yang diurapi Allah untuk menyelamatkan seluruh manusia.

Kita datapat berkata-kata tentang Yesus jikalau kita punya kepercayaan, kedekatan, dan keintiman dengan Yesus. Dengan kata lain, kita dapat ‘mengetahui’ tentang Yesus kalau ada relasi dengan Yesus sendiri. Dan, memang benar bahwa pengetahuan itu ada sesudah iman akan Yesus. Bukankah Petrus dan teman-tamannya mengikuti Yesus dalam “ketidaktahuan?” Mereka dipanggil dan dipilih Yesus untuk mengikutiNya tanpa mengetahui rencana Yesus terlebih dahulu. Justru, kepercayaan dan kedekatan mereka dengan Yesus membuat mereka dapat memahami secara baik akan siapa Yesus itu.

Petrus sudah mengungkapkan jawabannya atas pertanyaan Yesus itu. Sekarang, giliran kita yang menjawab pertanyaan itu. Iman kita akan Yesus menentukan jawaban itu. Jawaban kita adalah satu pengakuan akan Yesus sendiri. Pengakuan yang didasarkan atas pengenalan akan Yesus itu menuntun kita untuk sampai kepada Bapa. Sebab Yesus itulah jalan kepada Bapa di surga. Jadi, pengakuan kita akan Yesus memiliki konsekuansi rohani, pun realitas hidup kita sendiri. Percayalah kepadaNya dan kamu akan memperoleh keselamatan yang dijanjikanNya. Setelah kamu percaya, kamu akan berkata benar tentangNya.

*Tuhan, ajarilah kami untuk terus percaya kepada PutraMu, Yesus Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar