23 September 2011

PENTATEUKH



Jelaskanlah apa yang anda ketahui tentang kesatuan struktur Pentateukh!

Pentateukh dibuka dengan Kej yang bercerita asal dunia dan manusia. Setelah itu, cerita tentang asal muasal dunia dan manusia diikuti oleh sejarah nenek moyang Israel (Abraham, Ishak, Yakub dan Yoseph). Ke bercerita tentang penindasan bangsa Israel di Mesir dan pembebasan oleh Allah dengan perantaraan Musa yang menuntun orang Israel keluar dari Mesir dan mengantar mereka ke gunung Sinai.  Di gunung inilah disampaikan hukum Allah. Sedangkan Im dan juga sepuluh bab pertama dari Bil bercerita tentang pemberian aturan-aturan. Sisa dari Bil bercerita tentang perjalanan Musa yang memperingatkan bangsa Israel akan perjanjian dan hukum Allah Israel. Pentateukh diakhiri dengan kematian Musa yang melihat tanah terjanji  yang tidak dapat dimasuki.

Para redaktur sudah menyusun sedemikian rupa sehingga Im berada di tengah-tengah kelima kitab pertama dari PL. Im menjadi pusat dari Taurat.beberapa teks dari  Kej dan Ul menggaris bawahi bahwa kedua kitab tersebut dipandang paralel dan menjadi bingkai eksternal dari pentateukh. Secara khusus, Kej dan Ul berisi tentang berkat kepada dua belas suku Israel. Berkat itu diberikan oleh dua figure sentral yang menentukan identitas Israel (Kej 49: Yakub; Ul 33: Musa).

Kel dan Bil juga dihubungkan satu dengan yang lain dan membentuk juga bingkai luar dari Pentateukh. Perjalanan dari Bil mempresentasikan trajectoire  sebaliknya dari Kel (Kel: Mesir> padang gurun> Sinai>padang gurun>Moab) dan kedua kitab tersebut berisi beberapa cerita dan tema yang paralel ( tema ‘keluhan’ dari bangsa Israel di padang gurun). Bingkai luar ini menjadikan Im sebagai pusat dari Pentateukh. Secara lebih khusus, pusat dari Im itu sendiri yakni Hari Raya Pendamaian (Yom Kipuur) (Im 16).

Apa tujuan penulisan Kitab Kejadian ?

Tujuan dari Kitab Kejadian yaitu menceritakan bagaimana dan mengapa Allah berkenan memilih keluarga Abraham dan mengadakan perjanjian dengan mereka. Perjanjian inilah yang menjadi dasar teologis dan identitas dari umat israel. Oleh karena itu, sejarah bangsa israel tidak lain adalah sejarah perjanjian mereka dengan Allah. Tak heran bahwa dalam bagian-bagian Kitab Kejadian kita akan menemukan cerita-cerita dan aturan-aturan yang melukiskan bagaimana perjanjian itu hidup. Malahan kisah tentang pergi dan menetapnya bangsa Israel di Mesir di padang sebagai persiapan untuk pengukuhan secara mulia perjanjian Allah dengan umat-Nya di Gunung Sinai.

Di samping itu, Kitab Kejadian bertujuan untuk memperkenalkan siapakah Allah: Pencipta mahakuasa yang mendiptakan langit dan bumi serta manusia, dan siapakah manusia: diciptakan seturut gambar Allah. Usaha memperkenalkan sipakah Allah dan manusia ini dimaksudakan untuk menegaskan bahwa Allah yang menciptakan langit dan bumi serta manusia sedang melaksanakan suatu sejarak keselamatan. Kejatuhan mansia dan ketidaksetiaan orang-orang pilihan Allah di satu pihak, dan tindakan serta kesetiaan Allah di lain pihak memperlihatkan dinamika dari sejarah keselamatan ini.

Sebutkan beberapa tema dari Kitab Kejadian dan jelaskanlah salah satu tema yang anda paling kuasai?

Tema-tema utama

  •        Asal mula: Allah adalah Pencipta
  •        Pemilihan dan perjanjian
  •        Monoteisme
  •        Dosa
  •        Manusia
Yang paling saya kuasai adalah: Pemilihan dan Perjanjian

Dalam kitab kejadian kita membaca bahwa Allah memilih Abraham Kej 12. Pemilihan ini sendiri dimulai dari insiatif Allah, bersumber dari kasih karunia-Nya. Setelah itu, Allah mengikat Perjanjian dengan Abraham (Kej 15, 18). Pemilihan dan perjanjian inilah yang menjadi pusat perhatian teologis umat Israel. Kehidupan bagsa ini didasarkan sungguh pada kedua hal ini. Sikap dan tindakan Allah serta umat-Nya dapat dilihat dari kacamata pemilihan dan perjanjian.

Ceritakan  secara singkat isi dari Kitab Keluaran! (Perhatikan struktur Kel)

Kisah tentang Yusuf (Kej 37-50) memberikan latar geografis dari cerita yang akan dipaparkan dalam Ul: Mesir. Dengan ini penulis Ul hendak menarik benang merah antara kisah tentang Bapa-bapa bangsa dengan kisah tentang bangsa Israel.

Bagian awal Kel merupakan kisah yang cukup mudah diikuti. Latarnya yaitu tanah Mesir di tanah inilah keturunan Yakub bertambah banyak. Di bawah pengaruh Yusuf dalam pemerintahan Firaun, bangsa Israel mengalami periode kehidupan yang sejahtera. Namun, keadaan berubah setelah Yusuf meninggal dan raja Mesir tidak mengenal lagi Yusuf.(Kel 1:8). Inilah tahap baru dari sejarah bangsa Israel.

Situasi ini serba sulit inilah menghantar Israel berseru kepada Allah (Kel 2:23). Mendengar seruan ini, Allah memanggil dan mengutus Musa untuk membebaskan keturunan Yakub ini. Di bawah pimpinan Musa, bangsa ini keluar dari Mesir dan berjalan di padang gurun sebelum tiba di tanah terjanji. Itulah peristiwa-peristiwa yang menjadi what dari narasi dalam Kel.

Catatan anda kalau mau silakan baca unsur-unsur what dari narasi Kel pada halaman 53

Sebutkanlah  beberapa tema penting dari Kitab Keluaran!

  • Nama Allah
  • Sepuluh Tulah
  • Paskah
  • Dekalog
  • Kehadiran Allah

Sebutkanlah binatang-binatang yang boleh dan tidak boleh dimakan menurut Im 11!

Binatang-binatang yang boleh dimakan:

  •       Setiap binatang yang berkuku belah yaitu yang kukunya bersela panjang dan memamah  biak.
  •     Yang boleh dimakan dari segala yang boleh kamu makan hidup di air; segala yang  bersirip dan bersisik di dalam air, di dalam lautan dan di dalam sungai
  • ·   Belalang-belalang menurut jenisnya yaitu belalang-belalang gambar menurut jenisnya,  belalang kunyit menurut jenisnya, dan belalang-belalang padi menurut jenisnya.
Binatang-binatang yang tidak boleh dimakan:
  •       Tidak boleh makan dari memamah biak atau dari yang berkuku belah:


  1.       Unta
  2.       Pelanduk
  3.       Kelinci
  4.       Babi hutan

  •     Tidak boleh makan dari binatang di dalam laut dan di dalam sungai, dari segala yang berkeriapan di dalam air dan dari segala makhluk hidup di dalam air:

  1. Tidak bersirip
  2. Tidak bersisik

  •       Inilah burung-burung yang harus kamu jijikkan:

  1. Burung rajawali
  2. Ering janggut
  3. Elang laut
  4. Elang merah
  5. Elang hitam menurut jenisnya
  6. Burung unta
  7. Burung hantu
  8. Camar
  9. Elang sikap menurut jenisnya
  10. Burung pungguk
  11. Burung dendang air
  12. Burung hantu besar
  13. Burung hantu putih burung undan
  14. Burung ering
  15. Burung ranggung
  16. Bangau menurut jenisnya
  17. Meragai
  18. Kelelawar

  •      Inilah yang haram bagimu di antara segala binatang yang merayap dan berkeriapan di atas bumi:

  1. Tikus buta
  2. Tikus
  3. Katak menurut jenisnya
  4. Landak
  5. Biawak
  6. Bengkarung
  7. Siput
  8. Bunglon
     Segala yang merayap dengan perutnya dan segala yang berjalan dengan kempat kakinya atau segala yang berkaki banyak, semua yang termasuk binatang yang merayap dan berkeriapan di atas bumi.                                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar